Resuman Al-Hikam

Senin, 31 Desember 2012
Nabi Isa dan Sejarahnya
Al hikam, nabi isa lahir pada malam isnen tanggal 29 bulan kaiat, nabi isa itu keturunan dari nabi ismail lewat nabi isha’, sedangkan nabi Muhammad lewat nabi ismail. Nabi Muhammad lahir pada hari isnen fajar bulan Rabi’ul awal.
            Nabi muhammad dateng nabi Adam turun 50, Gus Dur dateng Nabi Muhammad turun 33, nabi Ibrohim nikah dengan dewi hajar mempunyai anak ismail, sedangkan dengan dewi Saroh mempunyai anak nabi Isha’. Nabi Muhammad dateng sunan ampel turun 22, Ya’qub niku menikahi putrinya bibiknya sendiri, mulai nikah dengan mbakyu, ponaan itu zamannya nabi musa.Nabi ya’qub putrane 12 orang.
Ada jopo atau aji-ajian yang ketika dibacakan “Hana waladat maryam, maryam waladat isa Ukhruj. Insya Allah diberi kelancaran oleh Allah dalam proses melahirkan, Dewi Maryam ditinggal meninggal ayahnya waktu kecil masih menyusu dan dirawat oleh ibuknya, banjur ibuk e sedo dirawat saudaranya yang bernama Hanna’ (Isya’) yang dinikahi oleh Nabi zakaria yang mempunyai anak syech ibrohim Al-bajuri. Dewi Maryam niku mulai kecil sudah rajin beribadah sama seperti orang tua, sampai-sampai nabi zakariya kagum kepada Maryam.
Pendapatnya ibnu abbas tentang lahirnya nabi isa adalah 8 bulan, sedangkan menurut wahab bin munabbih yaitu 1 jam.
Perlu kita ketahui bersama, bahwasanya Allah menciptakan manusia itu ada 4 :
            1. Tanpa ayah dan ibu, seperti Nabi Adam A.S.
            2. Tanpa Ibu, seperti Dewi Hawa’
            3. Tanpa Ayah, seperti Nabi Isa A.S.
            4. Dengan ayah dan ibu, yaitu manusia seumumnya.
Wahab bin munabbih cerita, ketika dewi Maryam mau melahirkan nabi Isa maka pohon kurma yang sudah mati selama 2014 tahun kemarin.kalimat yang diucapkan nabi isa pertama kali adalah Sesungguhnya aku adalah hamba Allah.
Pendeta hirdaus ingin membunuh Isa karena dia terkenal bunga saja.
07 Januari 2013        
Penghalang itu bisa dari Syetan, iblis yang memakai berbagai macam cara.
Tujuan, keinginan orang Syari’at ialah masuk surga dan selamat dari api neraka, kalau orang Thoriqoh itu tujuannya hanya ingin wushul dan senang kepada Allah, dekat kepada Allah, bisa melihat makhluq ghoib, seperti : syetan, jin, bidadari, malaikat, Dll, tapi bukan itu tujuannya orang thoriqoh melainkan hanya ingin wushul Allah, sedangkan Ma’rifat Allah itu hanya ingin menjadi hamba Allah.
Barang ghoib itu
1. Barang ghoib suwari yaitu barang ghoib yang bisa dilihat panca indera, seperti syetan, jin, malaikat, bidadari, Dll.
            Ibadah menggunakan mata itu memanfaatkan fungsi mata sebagaimana mestinya dengan cara melihat Al-Quran, Kitab-kitab, melihat ulama’, melihat orang tua, asalkan yang dilihat itu kebagusan dan ada anjuran dari syari’at.
Ibadah telinga yaitu memanfaatkan fungsi telinga sebagaimana mestinya seperti mendengarkan orang baca Al-Quran, Mendengarkan nasihat Guru dan Orang tua, Mendengarkan Orang ceramah, Dll, asalkan itu dianggap bagus menurut syariat dan Urf.
Ibadah tangan yaitu memanfaatkan fungsi tangan sebagaimana mestinya seperti menulis ilmu, membantu orang tua, Shodaqoh, Dll, yang penting semuanya bertujuan baik dan untuk kebaikan.
Ibadah Kaki yaitu memanfaatkan fungsi kaki sebagaimana mestinya seperti berjalan hendak sholat jama’ah, berjalan ketika hendak mendengarkan pengajian, yang penting digunakan untuk kebaikan dan dalam konteks kebaikan.
Imam Ghozali mempunyai wiridan yang rutin beliau lakukan setiap hari yaitu :
a. Kamis malam Jumat dzikir Allah Sebanyak 1000 X
b. Jumat malam dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adhim 1000 X
c. Hari Sabtu atau malam sabtu dzikir Lailahaillallah 1000 X
d. Hari minggu malam minggu dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum 1000 X
e. Hari senin malam senin dzikir  La Haula Wa La Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adhim 1000 X
f. Hari selasa dzikir Shollalloh ala Muhammad Shollallah alaihi Wasallim 1000 X
g. Hari rabo dzikir Astagfirullahal Adhim 1000 X
14 Januari 2013
Amal merupakan segala perbuatan manusia yang menentukan apakah pemiliknya masuk surga atau neraka, setiap kita beramal didunia pasti akan dibalas oleh Allah dengan balasan sesuai amal yang dikerjakannya ketika di dunia.
Amal Syariat adalah amal yang hanya untuk menata kehidupan lahiriyah saja, seperti, sholat karena ingin masuk surga dan selamat neraka.
Amal Thoriqoh ini merupakan amalnya orang tengah-tengah karena tujuannya ingin whusul dengan Allah.
Amal Haqiqat yaitu untuk memperbaiki batin manusia yang terisi penuh dengan dunia dan selain Allah, seperti Ikhlas karena Allah itu kalau melakukan kebaikan tidak ingin diketahui manusia kecuali Allah.
Tingkatan manusia menurut Tashawuf :
1. Abid yaitu orang yang ahli ibadah.
2. Murid yaitu orang yang ahli thoriqoh.
3. Arif yaitu orang yang ahli Ma’rifat.
Wong Sholih patut memperoleh gelar Qurba yaitu orang-orang yang dekat kepada Allah, karena ketaatannya kepada Allah SWT.
Nikmat itu ada 2 macam :
1. Nikmat Lahir contoh panen, usahanya laris, rizkinya banyak, Dll itu syukurnya di beritahukan kepada banyak orang. “ Waamma binikmati Rabbika Fahaddist”.
2. Nikmat Batin contoh diberi pengetahuan wujudnya malaikat, bidadari, lauhul mahfudz, Dll itu jangan di beritahukan orang lain, harus disimpan (Khitman).
21 Januari 2013 (K.H.M. Idris Djamaluddin)
Bulan Rabi’ul Awal
Nabi Muhammad merupakan nabi akhir zaman yang berasal dari Arab, yang member nama Muhammad ialah Abdul Muntholib (Eyangnya), Muhammad itu nama yang kurang popular/jarang ada. Ketika Abdul Mutholib ditanya kenapa member nama Muhammad ? Jawabannya “Liyahmadahu Man Fi As-Samawati Wa Man Fi Al-Ardhi” karena biar besok Dia dipuji-puji semua makhluk yang ada di langit dan di bumi. Jawabannya sangat sepele bahkan sederhana, sekarang pun terbukti bahwasanya semua makhluk memuji Nabi Muhammad, contoh yang dari langit : Semua malaikat, sedangkan dari bumi ialah para ummatnya, hayawan bahkan tumbuh-tumbuhan.
Malaikat jibril dawuh “ kalau ada orang yang membaca sholawat kepadamu (Muhammad) besok pada hari qiyamat saya yang memintakan maaf kepada Allah jika dia di cap masuk Neraka.
Setelah siti Aminah ibunda nabi wafat Abu Tholib lah yang mengasuh nabi, Abu Tholib itu orang melarat/tidak punya uang tapi pemimpinnya qoum quraisy dan anaknya banyak yaitu Enam, tapi Beliau lebih mencintai Nabi dibandingkan dengan anak-anaknya.
Nabi Musa itu mendapat julukan Kalimullah (Orang yang langsung didawuhi Allah).
Nabi Isa mendapat julukan Ruhullah (Orang yang langsung diciptakan Allah tanpa bapak)
Nabi Ibrahim mendapat julukan Kholilullah (orang yang menjadi kekasih Allah)
Nabi Muhammad lebih memilih menjadi Hamba Allah, dengan pilihannya itu akhirnya Nabi di beri oleh Allah suatu kenikmatan yang belum pernah diberikan kepada hambanya, yaitu bertemu dengan Allah secara langsung lewat Isra’ dan Mi’rajnya beliau.
Karena ketawadhuan nabi yang memilih menjadi hamba padahal beliau adalah nabi akhir zaman tapi sangat istimewa, Allah member beliau hadiah yang indah yaitu memandang DzatNya. “Man Tawadho’a Rofaa Humullah” Barang siapa yang Tawadhu’ maka akan dimulyakan oleh Allah.  Nabi itu tidak malu makan di bawah diatas mister dengan menggunakan tangan (Muluk) meskipun di olok-olok orang kafir Quraisy, katanya nabi tapi makannya dibawah kaya Budak ? Nabi Menjawab dengan enteng : Aku memang budaknya Allah.
28 Januari 2013
Hadits Nabi Bahwa Umatnya akan menjadi 73 golongan
Adapun jika kamu ingin melakukan segala sesuatu harus ikhlas karena Allah, amal sedikit saja jika ikhlas akan cukup menjadikan kita ma’rifat kepada Allah. Syech Ma’ruf Al-Kharqi berkata: Orang yang amal karena takut neraka ingin surge itu seperti kuli/budak, bagaimana tidak budak itu bekerja karena ingin upahnya saja bukan karena tuannya. Orang yang merdeka, amalnya tidak dipengaruhi oleh apapun selain hanya karena Allah.
Agama itu intinya hanya Budi pekerti yang bagus kepada Allah dan makhluk ciptaannya Allah. Tiyang syari’at niku nek amal harus ikhlas karena Allah saja, keikhlasane wong Thoriqoh iku moh opo-opo sing penting wushul marang Allah, nek tiyang Haqiqot wes kor pengen dadi hambane Allah sing temenan.
Dungo kanngo memperoleh tujuan iku wong syari’at, dungo iku intine ibadah akeh-akeho dungo marang Allah nengdi ae lan ape ngelakoni opo ae, dadi wong iku sing ittibah/manut ning Nabi sing nomer siji ittiba’ zuhud lan qona’ah.
Wong ikhlas iku number teko atine opo sing ape diucapake, nek nyambut gawe susah gak masalah sing penteng digawe saktik wae gawe jihad fi sabilillah, wong iku nek demen tidak ada alasan untuk tidak hadir.
Wong iku nek ikhlas gak pandang akeh saktik e murite senajan saktik nek ikhlas tetep di uklang iku jenenge lillahi ta’ala.
Malaikat zabaniyah iku manggon neng neroko tapi gak kepanasan belas sebab gusti Allah ridho, uwais al-qorni ketika ditanya baik mana mendoakan orang yang ziaroh dirumahnya sama orang yang tidak ziaroh di hadapannya ? jawabannya uwais, lebih baik mendoakan orang yang tidak ada di hadapannya secara langsung.
Ada 7 doa yang tidak akan ditolak oleh Allah :
1. Orang yang teraniaya
2. Orang tua kepada anaknya
3. Orang yang ahli puasa
4. Orang yang sakit karena doanya seperti doa malaikat
5. Doanya saudara ketika baru saja saudaranya singgah dari hadapannya
6. Doanya Nabi kepada umatnya
7. Doanya orang pulang menunaikan ibadah haji, karena haji mabrur itu dosanya bersih seperti bayi yang baru lahir dari rahim ibunya.
Wong ikhlas iku ngelakoni opo wae gak ono sing ngerti sakliyane Allah. Karena ikhlas iku rahasia. Keikhlasan itu bisa dilihat ketika seseorang istiqomah dalam melakukannya, misalnya ngaji hikan rutin setiap minggu masio pacare gak ngaji tetep ngaji, hehehehe.
Orang ikhlas itu ada tanda-tandanya :
1. Istiqomah
2. Akan keluar Hikmah (Ilmu yang manfaat), orang kalau ikhlas selama 40 hari saja akan keluar dari hatinya hikmah kemudian diucapkan oleh lisannya.
3.  Ketika dipuji dan di caci orang sama saja tidak ada pengaruhnya.
4. orang itu ketika sendirian dan bersama teman sama saja giatnya.
04 Februari 2013
Menjadi orang kalau tidak dicintai Allah tidak akan bisa mendapatkan yang namanya ikhlas, sebab ikhlas itu jarang orang yang mendapatkannya. Nabi Adam itu ketika melanggar perintah Allah karena makan buah kuldi, beliau diturunkan di srilanka teng gunung adampek, sedangkan ibu hawa.,.,.,.,.,.,.,.
Nabi adam jatuh diwaktu malam hari, beliau kebingungan di surge padang tapi dibumi gelap akhirnya lama-kelamaan terbitlah fajar shodiq menandakan waktu pagi akan tiba, nabi Adam sangat gembira.
Kisah nabi adam diturunkan ke bumi dan semua hewan ingin sowan kepada beliau,.,.,., Cerita)
Allah tidak akan mau menerima amal seseorang kecuali amal yang bersih karena Allah saja, Nabi dawuh kotorane amal iku Riya’ yang menyebabkan amal tidak diterima, conth riya’ yang kasar seperti shodaqoh di perlihatka di dalam TV, sedangkan riya’ yang halus yaitu aku tak mondok ae sokmbrn ben dadi wong alim koyo kyai utowo disrempet mobil wong sing neng jero mobil sampean dungakno ngambong aspal, aku tak ngaji neng masyarakat ben aku nek ndue gawe akeh sing teko, kalau tidak ingin riya’ ya sudah lillahi taala kuping disumpet.
Mbah Baidhowi lasem nek ngimami waktu magrib mesti sing diwoco qulya…karo qulhu. Nek waktu subuh Waddhuha….karo Alam Nasyroh, istiqomah iku ae padahal beliau apal qur’an.
Dawuhe mbah yai hamid baidhowi lasem iku putranya sendiri dan semua keluarganya tidak tahu bahwa mbah baidhowi itu hafal qur’an, lan santrine 10 tok tiap ada santri masuk harus ada santri yang keluar, Yai djamal mondok di yai baidhowi lasem selama 4 tahun saja.
Dawuhe syech abu lais musuhe manungso iku ono 4 yoiku :
1. Dunnya dan seisinya
2. Nafsunya sendiri
3. Setan yang tidak kelihatan
4. Setan yang serupa dengan manusia
Carilah orang alim yang mengajak lima hal kepada lima hal :
1. Dari keraguan menuju keyaqinan, meyaqini tentang kekuasaan dan kebikjasanaan Allah, serta rizqi dan nikmat yang selalu diberikan Allah setiap hari.
2. Dari riya’ menuju Ikhlas
3. Dari cinta dunia menuju zuhud[1].
4. Dari sombong/takabur[2] kepada tawadhu’
5. Dari permusuhan kepada kerukunan (Ngajak rukun).
Hadist riwayat Abu Nuaim dalam kitab Al-Hilyah :
Orang yang disiksa waktu meninggal di alam dunia di alam kubur yaitu :
1. Orang yang meninggalkan sholat.
2. Orang yang tidak mau zakat.
3. Orang yang tidak mau mendengarkan dawuhnya ulama’.
Nabi musa saja berdialog dengan Allah di gunung turusainah, karena gunung itu paling tawadhu’[3].  Nabi iku gerak sak gerak akeh dung, itu menandakan bahwa orang yang tawadhu’ itu banyak doanya seperti nabi, jangan ujub[4].
Menurut fiqih ada orang ngamen membawa gitar itu haram karena gitar termasuk alat lelah tapi teruse yai jalil di kongkon ngekek I ae sopo ngerti iku wali.
Dadi wong iku ojo ngaku-ngaku misale omahku adoh soko masjid tapi aku sregep jamaah neng masjid sedangkan orang itu yang rumahnya cedak masjid tapi gak pernah jamaah di masjid, terus sampean ngomong aku luwih apik daripada wong iku, iku namine Ujub.
Sabar itu tabah menelan bahan pahit tanpa cemberut, seperti ibadah itu barang pahit dan maksiat itu yo bahan pahit.
Ridho iku nek dikek I cobaan sabar banjur gak sedih blas tambah bungah.
11 Feb 2013
Sangat banyak sekali amal dunia jika diniati menjadi amal akhirat. Seperti menjaga toko, warung dan sebagainya kalau diniati ikhla Lillahi Ta’ala menjadi amal akhirat.
Setiap satu butir dari gandum yang kamu giling menggunakan tanganmu sendiri fatimah yang kamu buat masak untuk suami dan anakmu sama dengan kamu memberi makan orang kafir 1000.
Diam yang ikhlas didalam masjid adalah i’tikaf.
Diam didalam rumah dengan memegang tasbih dan duduk diniati ibadah Lillahi ta’ala atau dengan niatan yang bagus.
Kumpul suami-istri dikamar diniati membuat anak sholih sama dengan membunuh kafir 1000.
Untuk menjadikan diri Taqorrub Ilallah itu tidak cukup hanya dengan amal dan ibadah saja tetapi juga harus dengan akhlaq yang baik.
Ibadah yang sopan termasuk caranya berpakaian, contoh sembahyang dengan kaos itu tidak apa-apa sholate tetep sah tapi tidak tata krama, itu tidak akan bisa membuat kita Taqarrub dengan Allah SWT.
 Tata krama akan menjadikan kita dekat dengan ikhlas, sedangkan ikhlas akan menjadikan kita dekat dengan istiqomah, istiqomah juga akan mendekatkan kita dekat dengan pahala.
Siapa saja orang yang menggunakan tata kramanya orang sholihin atau meniru sholihin sudah layak untuk diberi gelar Aqrabu Ilallah, orang pintar Ngaji, ahli poso, ahli jama’ah belum tentu sholih tapi sudah mempunyai setengah dari sifatnya orang sholih.
Orang yang sholih itu merupakan oarang yang kapan pun menghadap Allah dengan menggunakan tata krama dan memenuhi kewajiban atau hak-hak kepada Allah.
Jadilah seperti mendung yang mampu membuat dingin (Menentramkan) dan menghujani siapa saja, baik itu orang yang baik maupun tidak, karena sangat ikhlasnya mendung itu.
Siapa saja yang menirukan tata kramane wali panta diberi gelar Muhibbullah (Orang yang mencintai Allah).
Orang jika sudah ikhlas Lillahi Ta’ala apa saja yang diperintah Allah pasti akan dilakukan karena akan tumbuh rasa Hub atau cinta.
Bejo-bejone anak iku yang masih bisa bertemu dengan orang tuanya dan masih bisa melihat orang tuanya hidup.
18 Februari 2013
Orang yang sudah tidak mempunyai kepentingan duniawi adalah orang-orang shufi.
Ibadah karena kepentingan duniawi, seperti ada orang membaca sholaeat dan istigfar supaya kalau pilihan Lurah menang, kalau tingkatannya Arif atau Murid itu tidak boleh tapi kalau Abid tidak apa-apa.
Ikhsan itu engkau beribadah seakan-akan engkau melihat Allah, orang yang bersama Allah itu ada 2 tingkatan :
1.      Tingkatan Muqarrabah Maqom Muraqabah ialah merasa dirinya selalu dilihat Allah tapi dia belum mampu memandang Allah dengan mata batinnya.
2.      Tingkatan Musyahadah Maqom Musyahadah ialah seseorang yang diberi Allah bisa memandangNya dengan mata hati, ini kekhususan yang diberikan Allah kepada beberapa Hambanya saja.
Kalau ada orang mendapat tingkata tersebut tidak boleh melakukan ibadah karena kepentingan dunia, seperti membaca surat waqi’ah supaya rizkinya lancar, jadi ibadah bukan karena kepentingan dunia.
Orang yang ibadah karena ingin surga selamat dari neraka itu masih tingkatan orang Awam/Syari’at kalau tingkatannya orang hakikat tida boleh karena ikhlasnya masih kecampuran.
Mukasyafah itu tersingkapnya tabir dari mata hati, dikarenakan mampu memandang Allah.
Ingin mengetahui malaikat, bidadari, jin, siksa alam kubur itu masih Agyar (اغيار) jika ingin mempunyai derajat mukasyafah, tapi kalau mengetahui malaikat, bidadari, jin, siksa alam kubur diberi oleh Allah sedangkan kita tidak memintanya maka tidak apa-apa.
Derajat mukasyafah itu baik tapi tidak bisa menjadi tujuannya ibadah, contoh ibadah rajin supaya ingin diberi Allah Mukasyafah.
Orang Mukasyafah itu ada 2 macam:
1.      Maknawi (yang tidak ada bentuknya) contoh memandang Allah beserta sifat-sifatnya (Bukan Makhluk).
2.      Suwari (yang ada bentuknya) contoh memandang malaikat, jin, bidadari (Makhluk).
Orang jika memikirkan dunianya pasti akan lupa dengan akhiratnya, sedangkan orang yang memikirkan akhiratnya, dunia pasti bisa didapatkannya.
Perbanyaklah ingat sesuatu yang bisa menjadikan kenikmatan yang kita dapat itu hilang (Mati).
Karomah itu juga bagus tapi termasuk Agyar (اغيار) karena tujuannya bukan untuk Allah, Allah lebih menyukai istiqomah, karena kalau karomah itu mengikuti hawa nafsunya.
Sehebat-hebatnya orang terbang, berjalan diatas air, menyusuri bumi dalam sekejap jangan merasa heran dulu, lihatlah syariatnya sudah beres atau belum.
Pengajian Al-Hikam: 07 Maret 2016
Oleh: K.H.M Yahya Husnan, S.Pd.I
TATA CARA MELAKUKAN SHOLAT GERHANA
1.      Niat
Usholliro’atainilikusyufi Asy-Syamsi ma’muman/Imaman lillahi ta’ala.
2.      Pelaksanaan Sholat
a.       Takbir dan membaca doa iftitah.
b.      Membaca Al-Fatihah
c.       Disunahkan membaca surat yang panjang.
d.      Ruku’ pertama pada rakaat pertama sing dowo bacaan elan ruku’ e.
e.       I’tidal terus moco fatihah manehlansunnahmoco surat sing luweh pendek dari rakaat awal.
f.       Terus ruku’ disunahkan luwih pendek dari ruku’ yang awal.
g.      I’tidal terus sujud terus tahiyat dan salam.
h.      Setelah salam imam disunahkan khutbah 2 kali sebagaimana khutbahjum’ah.
3.      Istiqomah
Ngenyar-ngenyar i iman ikuonokalane :
a.       BiQolbika
b.      BiLisanika
Dengan cara lisan mengucap Syahadat beserta hatinya mengingat-ingat makna yang tersimpan didalamnya.

TENTANG HAIDH
Orang yang haidh itu haram melakukan sholat dan puasa, berbeda dengan orang yang istihadhoh dia wajib sholat dan puasa.
Pendapatnya imam Syafi’i tentang haidh itu tidak berdasarkan Al-Quran dan Hadist tetapi berdasarkan ISTIQRO’NYA beliau ketika beliau berada dimesir[5], karena orang mesir itu perempuannya bermacam-macam pekerjaannya sehari-hari, akhirnya berdasarkan istiqro’[6] beliau mendapatkan :
Warna darah itu :
1.      Merah
2.      Hitam
3.      Kuning
4.      Keruh
Sedangkan gambaran tentang haidh masyarakat yaitu:
a.       Minimal haidh itu satu hari satu malam
b.      Biasanya haidh itu enam hari dan tujuh hari.
c.       Paling banyak haidh itu lima belas hari lima belas malam[7].
Sucinya orang yang haidh itu:
d.      Minimal sucinya haidh itu 15 hari 15 malam[8].
e.       Kalau kebanyakan sucinya itu biasanya 23 hari 23 malam.
f.       Paling lama sucinya haidh itu  tidak ada batasnya.
Orang perempuan dianggap telah suci ketika farjinya diusap dengan kapas tidak ada darahnya dan sudah mandi, kalau masih ada darahnya berarti belum suci atau istihadhoh[9].
Maksimal mengandung anak dalam perut itu:
1.      Paling sedikit enam bulan.
2.      Biasanya yaitu sembilan bulan.
3.      Yang paling banyak yaitu 4 tahun, seperti Imam Syafi’i yang hafal Al-Quran umur 7 tahun dan Muwatha’nya imam malik pada umur 9 tahun.

Faidah “ Salah satu dari kesempurnaan iman seseorang ialah jika manusia meyaqini tidak ada sesuatupun dari seseorang yang indah dhohir dan batinnya yang bisa menyamai sesuatu yang ada pada diri Rasul Muhammad SAW.”
Faidah “Bertafakur (Memikirkan dan memahami dengan terlalu dalam hati) itu ada lima macam diantaranya :”
  1. Bertafakur dalam memahami tanda-tanda kebesaran Allah, wajib meyaqini wujudnya Allah dengan dalil adanya alam semesta, makhluk yang diciptakan Allah, Dll.
  2. Bertafakur terhadap nikmat-nikmat yang di berikan Allah Kepada kita mulai bangun tidur sampai tidur lagi, dan Wajib bagi kita mencintai Allah melebihi Apapun dan siapapun.
  3. Bertafakur dengan janji Allah untuk orang kafir dan orang muslim dengan konsekwensi yang berbeda, yaitu orang Muslim dijanjikan Surga sedangkan orang kafir dijanjikan Neraka.
  4. Bertafakur terhadap ancaman yang diberikan Allah, dengan ancaman yang di berikan Allah kepada kita maka akan memunculkan sifat takut di dalam hati kita.
  5. Bertafakur jika kita menyepelekan ta’at atau jangan sampai sembrono menjalankan perintah Allah, maka jika kita sembrono dalam ta’at akan menumbuhkan sifat malu sama Allah dalam hati kita karena kita sembrono / menyepelekan.
Tanda dari matinya Hati nurani itu tidak susah jika meninggalkan kewajiban dalam hal yang berkaitan taat kepada Allah serta tidak adanya rasa bangkit atau memperbaiki pada hari selanjutnya.

Menurut ijma’ ulama’ bahwasanya interaksi lawan jenis itu hukumnya tidak boleh, tapi ada yang diperbolehkan dengan sebab alas an-alasan (Illat) tertentu. Seperti orang yang sedang wuquf di Arafah karena sulit sekli menghindarinya maka di perbolehkan. Akan tetapi itu alas an seperti itu saja tidak cukup melihat perkembangan zaman yang semakin modern, dengan adanya Pemerintahan dan organisasi-organisasi yang di situ melibatkan laki-laki dan perempuan pasti akan sering terjadi interaksi atau hubungan yang itu terkadang ada kaitannya dengan masalah bersama dan masalah pribadi. Setiap manusia memiliki tabiat yang berbeda-beda, ada yang benar-benar lillahi ta’ala, ada yang setengah-setengah, bahkan ada yang memang niat awal hanya untuk tujuan tertentu.
Dari sinilah ulama’ memperbolehkan berinteraksi dengan lawan jenis, bahkan bersentuhan kulit tapi dengan Syarat , yaitu :
1.      Tidak sengaja/Tidak tahu
2.      Dengan mahromnya sendiri (Bapak. Ibu, kakak, adik, rodho’, adik/kakaknya ibuk dan adik/kakaknya bapak).
3.      Harus ditempat keramaian yang tidak biasa digunakan maksiat  (Tidak boleh di tempat sepi)
4.      Tanpa adanya syahwat yang terlalu berlebihan
5.      Sesuai dengan kebutuhan saja.
Duashifat yang bisamenjadikanseseorangmasuksurga :
1.      As-Sakho’ (Dermawan)
2.      Husnulhuluq (Berbudipekerti yang bagus)
Rusaknyahatimanusiaitukarenaenamperkara :
1.      Beranimelakukandosakarenabisathabat/ mengharapkanrohmatdari Allah.
2.      Mengajarkanilmutapitidakmengamalkan.
3.      Beramaltapitidakikhlas.
4.      Menggunakanrizki Allah tapitidakmaubersyukur.
5.      Tidakridho/menerimapembagian yang diberikan Allah.
6.      Menguburjenazahtapitidakmengambilibroh/pelajaran.
7.      29 May 2013
8.      Miskin hati itu bagaimanapun keadaan hati merasa kurang.
9.      Miskin fisik itu memang sudah miskin kurang kebutuhan hidupnya.
10.  Menurut orang-orang wahabi dalailul khoirot, kitab yang dikarang oleh syech sulaiman bin abdillah al-jazuli adalah kitab syetan karena Bid’ah.
11.  Majlis tarjih merupakan dalil yang bisanya digunakan Muhammadiyah, seperti ada dua pendapat yang dibuat pedoman adalah dalil yang paling kuat. Berbeda dengan Nahdhatul Ulama’ yang menggunakan Bahtsul Masail atau dalil banyak yang dikumpulkan jadi satu.
12.  Qur’an itu ada surat yang istimewa karena malaikat jibril ketika menurunkan surat ini dikawal 7000 Malaikat yaitu surat Al-An’am. Membaca hatinya surat Al-An’am 300X, supaya selamat dari dunia:
13.  الدنيا أولها ألم واخرها فناء
14.  “dunia itu awalnya susah-susah sedangkan akhirnya pasti akan rusak”.
15.  Kanjeng Nabi Muhammad 24 Jam selalu ingat Allah, karena hati nabi sudah dipenuhi oleh Allah meskipun beliau mempunyai banyak istri.
16.  Ibadah mencari ridho Allah itu sulit sekali, karena yang namanya Manusia itu menurut imam Ghozali pasti mempunyai Hawa nafsu yang banyak dan besar kalau idak bisa mengontrolnya dengan Iman dan sabar.
17.  Ada orang susah karena meninggalkan ibadah kepada Allah, seperti Sholat tidak bisa Khusu’, Habis Melakukan Maksiat susah, Tapi susahnya tidak disertai keinginan untuk memperbaikinya, dia adalah orang yang tertipu Nafsunya.
18.  Barang siapa yang ingin mengetahui derajat tinggi rendahnya disisi Allah Lihatlah didalam hati kita berapa banyak Allah kita ingat dan kita sebut.
19.  Kalau bekerja itu jangan upahnya dulu yang ditanyakan, yang penting kerjaannya dilakukan dulu karena orang itu akan melihat kerjaan kita, kalau baik pasti akan digaji dan dipercaya.
20.  Orang yang bisa merasakan manisnya amal didunia maka itu adalah tanda atau dalil diterimanya amal di akhirat, artinya kita bisa diterima diakhirat (Masuk surga) kalau bisa merasakan manisnya amal diakhirat.
21.  Ketika Nabi Muhammad SAW ditanya tentang pekerjaan apa yang beliau senangi ?
22.  Beliau menjawab Sholat, Karena dengan sholat saya bertemu dengan Kekasihku (Allah).
23.  Nabi Muhammad adalah panutan untuk kita semua umat islam, karena beliau adalah satu-satunya manusia yang istimewa di sisi Allah SWT, Beliau juga satu-satunya nabi yang bisa memberikan Syafa’at, Beliau juga satu-satunya nabi yang banyak umatnya.
A.      TASABBUH DAN TOLERANSI BERAGAMA
Tasyabbuhsecarabahasaadalahbentukmasdardari kata kerjatasyabbaha yang menunjukkanpenyerupaansesuatu ,kesamaanwarna , dansifat . Tasyabbuhmemilikiartimenyerupaiataumencontoh.
Menurut Imam Asy-Syafi’ITasyabbuhsecaraistilahadalahungkapan yang menunjukkanupayamanusiauntukmenyerupakandirinyadengansesuatu yang diinginkandirinyaserupadengannyadalamhaltingkahlaku ,pakaian , atausifat-sifatnya. Jaditasyabbuhadalahungkapantentangtingkah yang dibuat-buat yang diinginkandandilakukanya.
Batas-batastasyabbuh yang tidakdiperbolehkan
1.      Dalam agama
2.      Dalamwatak (Ath-thobi’ah)
3.      DalamMu’amalah/Urf.
22 Juni 2013 Al-Haflatu Al-Kubro, Dr. K.H.A. Hazim Muzadi
Madrasah berfungsi untuk memberikan dirasah (Pelajaran), Madrasah ini cakupannya lebih luas daripada pondok pesantren, karena pondok pesantren mengajarkan tentang kehidupan sedangkan madrasah mengajarkan ilmu pengetahuan.
Jadi pintar itu bagiannya Madrasah sedangkan kehidupan itu bagiannya pondok pesantren.
Haflah = ikhtifa’
Ilmu yang kehilangan ruh tidak akan memberikan cahaya didunia dan diakhirat.
Mahdhoh = kebangkitan
Syariat itu bisa disambungkan dengan Al-Qur’an.
الشريعة شيئ والعرف شيئ أخر
Kapan ilmu itu manfaat ?
Jika orang yang berilmu itu mempunyai rasa takut kepada Allah (خشية الله),  karena orang yang punya خشية الله dimasuki apa saja pasti manfa’at seperti Ulama’ itu semua ilmu yang dipelajari pasti diamalkan.
Orang kalau akalnya sudah penuh dengan ilmu jangan terus-menerus di beri ilmu tapi hatinya yang di masuki ilmu karena hatinya masih kosong bahkan ada penyakitnya.
من عملا علما يعلمه به حديث
Ilmu hikmah itu intinya ilmu itu sendiri, seperti hukum itu intinya diperadilan.
Agamanya intinya akhlaq dan budaya intinya karakter. Mbah Wahab, Mbah Hasyim, Mbah Wahid semuanya itu mempunyai pegangan yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan Shidiq dan Amanah.
Jadi walaupun beliau-beliau itu tidak kuliah tetap masih bisa berpolitik karena mempunyai ilmu ladunni.
يشئلونك عن الروح,.,.,. الأية
Tafsir ilmi adalah tafsir yang berdasarkan ilmu pengetahuan. موازنة بين القرأة
Seperti sholat berjamaah di masjid rajin, tapi menukar sandal di masjid juga sering.
تجديد اي جعل شيئ قديم كالجديد
Jangan menganggap orang yang berjuang itu tanpa musuh.
Pertahanan yang paling bagus adalah penyerangan.
اطلب معني :
1.       محافضة
2.       محاسبة
3.       مرقبة
Karena rahmat itu lawan katanya adalah istidroj.








[1] Mengambil sedikit dari barang yang sudah jelas halalnya sesuai kebutuhan
[2] Menolak kebenaran dari Allah dan rosulnya
[3] Jika ada adab dipraktikan dengan prilaku, ucapan, hati bahwa kita itu hina, faqir, jahil yang mampu hanya Allah
[4] Merasa dirinya lebih baik daripada orang lain
[5]Ketika dimesirqoul beliau bernama qoul jadid
[6]Penelitian satu-persatu dan dimbil kesimpulannya
[7]Nek luwih teko 15 hari maka namanya istihadhoh wajib adus terus sholat, kalau darahnya masih keluar harus di tutup dengan kapas atau sejenisnya, kecuali di bulan romadhon tidak usah ditutupi karena bisa membatalkan puasa
[8]Kalau ada orang yang haidh kemudian sucinya baru 10 hari maka dia tetap wajib mandi karena minimal sucinya haidh 15 hari.
[9]Orang istihadhoh itu hukumnya sama dengan orang yang suci.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel dokument dan macam macamnya

Bilingualisme dan Dialogsia

Strategi Pembelajaran Mufrodat