Refleksi HudHud

REFLEKSI DIRI
NAMA                        : M. Ali Mash udi
NIM                            :
FAK/JURUSAN         : Tarbiyah/Pendidikan Bahasa Arab
A.       Kegiatan dan hasil yang dicapai
Dalam pelaksanaan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada aspek pengisian jam mengajar wajib peserta PPL. Alhamdulillah berjalan dengan baik  dan lancar. Mulai dari awal pertemuan hingga akhir pertemuan. Dimulai dengan tahap perkenalan guru praktikan dengan guru pamong untuk mengetahui kondisi kelas yang diampu, kondisi siswa, batasan materi pelajaran hingga metode yang biasa digunakan guru pamong dalam kegiatan belajar  mengajar. Tahap ini dilakukan oleh guru praktikan untuk mengetahui gambaran umum tentang kegiatan PPL yang nantinya akan dijalankan dan membuat rencana kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Tahap berikutnya adalah perkenalan antara guru praktikan dengan peserta didik yang akan diajar. Adapun peserta didik yang diajar adalah peserta didik kelas XI A dan B  dengan mata pelajaran Bahasa Arab bab pertama dari At-Ta’aruf . pada tahap ini guru praktikan berusaha mengetahui kondisi peserta didik, mulai dari identitas diri, latar belakang dan domisili peserta didik. Tidak dipungkiri sebaik apapun metode pengajaran yang dilakukan oleh seorang guru tidak lepas dari keseuaiaannya dengan situasi dan kondisi yang dialami oleh peserta didiknya. Adapun tahap pertama dan kedua ini dilakukan satu minggu sebelum dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atas izin guru pamong pada saat mata pelajaran Bahasa Arab.
Adapun dalam aspek keterampilan managemen madrasah, kami mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru yang tidak kami dapat ketika di bangku sekolah ataupun kuliah. Dan para peserta PPL ketika tidak mempunyai jam wajib mengajar dibagi tugas untuk membantu para pegawai madrasah, semisal membantu bidang kurikulum untuk pengisian jam kosong, merekap kehadiran guru, mengedit perangkat lengkap. Membantu bidang TU untuk mengisi buku induk siswa. Membantu bidang BP/BK dalam penertiban jam pertama dan perekapan absensi siswa. Membantu bidang perpustakaan dalam penataan rak buku dan katalog buku. Dan banyak hal lagi ilmu yang kami dapat dari pelaksanaan PPL ini.
B.       Hambatan dan kesulitan yang dihadapi
Dalam pelaksanaan PPL yang kami lakukan, dalam praktiknya masih banyak hal yang perlu dibenahi dan disempurnakan.
Diantaranya adalah:
Ø  Kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM):
1.      Hafalan kosa kata, dikarenakan peserta didik yang kurang tertarik dengan bahasa arab akhirnya mereka lebih senang tidur dan berbicara sama temannya, sehuingga kurang memperhatikan materi pelajaran dan guru yang mengajar.
2.      Kemampuan menguasai kelas dikarenakan guru praktikannya amatiran (kurang profesional), sehingga kelas kurang terkondisikan.
tugas pegawai madrasah:
1.      Pengkondisian jam kosong, karena tidak semua mata pelajaran dikuasai oleh individu mahasiswa.
2.      Terjadi mis komunikasi menjadi guru badal, dikarenakan guru pamongnya datangnya telat atau tidak izin pada Tata Usaha.
3.      Tata cara perekapan absensi guru dan siswa.
Ø  Kesulitan dalam berkomunikasi antar mahasiswa
Dikarenakan hampir 100 % mahasiswi berdomisili di pondok dan keterbatasan jaringan komunikasi dan waktu yang dimiliki, sehingga hal ini juga menghambat informasi yang akan disampaikan pada seluruh peserta PPL. Dikarenakan tiap peserta juga mempunyai tugas terjadwal dalam kegiatan PPL dan tidak setiap hari berangkat ke Madrasah, kecuali ketua kelompok, Terutama ketika bertukar informasi dengan mahasiswa.
C.       Alternatif pemecahan kesulitan
Dalam memecahkan permasalahan-permasalah yang kami hadapi diantara solusinya adalah sbb:
Ø  Kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM):
1.      Menuliskan kosa kata beserta artinya dengan benar di papan tulis dan meminta peserta didik untuk menghapal dan mencatat.
2.      Bina suasana dan menarik perhatian peserta didik dengan metode yang berbeda dan menekankan pada aspek psikomotorik peserta didik agar terlibat lebih banyak dalam praktik tidak hanya menghafal dan memahami.
Ø  Kesulitan dalam membantu tugas pegawai madrasah:
1.      Bekerjasama antar peserta PPL, jika tidak mampu/merasa kesulitan dalam mengisi jam kosong diusahakan mencari teman yang berkompeten dan bisa mengkondisikan kelas.
2.      Membadali tapi diisi dengan cerita islami dan pengalaman selama menuntut ilmu di pondok pesantren.
Ø  Kesulitan dalam berkomunikasi antar mahasiswa

Namanya juga manusia ada yang pendiam, cerewet dan lain-lain jadi komunikasi itu biasanya hanya seperlunya saja tidak setiap hari karena setiap anggota PPL ada libur 1 hari kecuali Ketua PPL.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel dokument dan macam macamnya

Bilingualisme dan Dialogsia

Strategi Pembelajaran Mufrodat