المحاضر
المحاضر : محمد صلح الدين, الماجستير الإستماع الكلام
قسم التدريس المهارات
اللغوية القرأة
المواد الدراسية الأصوات الكتابة
اللغة العربية العناصر
اللغوية المفردات
القواعد
طرق
التدريس اللغة العربية
المناهج الدراسية
الإعتبارات اللغوية
الفكرة : أوفيني ليس
منطوقة : تنفا دي أوجافكان
التفكير : فميكيران ليس مسموعا : تنفا دي دغاركان
لتأثير : اونتوك ممفغاروهي على الأقل : مينيمال
التطبيق : فنرافان الجزيرة :
ستاسيون تلافيسي
النحو العلاقة بين الكلمات والصرف بنية الكلمات والعربية للحياة.
السؤل: 1. المهارة اللغوية, وبين المهارات الأعلى ماذا المهم بينهم
في تعليم اللغة العربية ؟ الجواب : هم ترتيبا منذ
صغره كصبي لا بدّ أن يسمع أوّلا ثم التتكلم ثم القرأة ثمّ الكتابة لكن إذا صار فتا
قد يحتاج بقدر المهنة.
2. لماذا يبدأ
المهارات بالإستماع ليس بالكلام إذا نظرنا إلى قائل اللغة بالتكلم ؟
3. ما العلاقة
بين المعنر فيكو واللغة العربية ؟
الطرية هيكاري (مروفاكان ناما
كارتا أفي جفات دي يابان).
20 Oktober 2016
Dr. Subakir, M.Ag, STUDY AL-QURAN
Sebuah study yang memperbincangkan tentang Al-Quran,
Bukan ilmu untuk menguasai Al-Quran.
Apa itu study al-quran ? dan bagaimana cara
menggunakan study al-quran?
Sebenarnya yang kita cari dalam mata kuliah ini adalah
presepsi bukan kebenaran.
Kata Imam Asy-Syafii: Pendapat saya yang paling benar namun
tidak menutup kemungkinan bisa salah, pendapat kalian salah namun tidak menutup
kemungkinan bisa benr.
Yang kita pakai dalam mata kuliah study quran ini
memakai kata “Tala” bukan Iqro’ yang harus dibaca adalah literasi.
Sejarah teks al-quran. Untuk menguasai ilmu adalah
dengan membaca (cara belajar).
Sekarang kita harus mulai merubah pola pikir
(Prioritas), membuat prioritas pun harus ada yang dikorbankan..
STAIN Kediri itu lahir tahun 1964 berada di Ngronggo
tahun 1984-2004, kemudian tahun 2004-2014 pak Subakir menjadi Ketua, di tahun
inilah lahir Pascasarjana STAIN.
Kunci dalam meraih suatu pengetahuan adalah dengan
membaca, kalau kita satu bulan khatam satu buku bacaan maka dalam satu semester
katam enam buku bacaan, jika empat semester maka kita akan khatam dua puluh
empat buku bacaan.
System kredit semester itu ada tatap muka, terstruktur
dan mandiri.
Untuk mencari suatu pengetahuan maka kita tidak cukup
dengan melihat dan mengetahui saja melainkan kita juga harus merasakannya,
seperti Api itu kita tidak cukup melihat dan mengetahui api tersebut melainkan
kita juga harus merasakan api tersebut dengan indra kita supaya kita bisa
mempercayainya.
AL-Mabahis Fi Ulum Al-Quran Karya Al-Qathan dan
shubkhi Sholih.
Ath Thibyan fi ulum Al-Quran Karya Syech Ali
Ash-Shobuni yang punya Tafsir Ayat Al-Ahkam juga.
Dr.
M. Thohir Munawwar (UINSA), 16 Oktober 2016, Linguistic
Analisis
teks sastra itu boleh dengan se-kreatif mungkin. الحقّ من ربكم
Sukses
itu dapatkan ilmunya kemudian amalkan, kesuksesan non tekhnis itu jangan sampai
kamu menyakiti orang tuamu melainkan bahagiakanlah mereka berdua.
إعداد
المحاضرة : فرسيافان فرتموان
S2 menuntut untuk membangun kreatifitas
berfikir (Konsep yang diusung). Linguistick atau ashwat dikaitkan dengan
masyarakat sosial/gender/kehidupan sehari-hari.
Fonemik merupakan satu bunyi yang sama
tapipenggunaannya berbeda (maknanya)
seperti Bank dan Bang,
tank dan tang. Sangat miskin sekali di indonesia menggunakan linguistik sebagai
bahan skripsi, thesis bahkan desertasi.
Apresiasi
itu merupakan mental, kemistri/kedekatan. Pragmatis merupakan kajian makna
dengan teks.
Neorolinguistik
yaitu kalimat yang disampaikan berupa berita tapi merupakan sebuah perintah.
Seperti Teman-teman dosennya sudah datang, dengan serentak teman-teman akan
masuk ke ruangan, meskipun kalimatnya berita tapi menunjukan arti perintah.
Dr. Subakir,
M.Ag
Mushaf itu bukan
Kalamullahyang asli, Hanya yang ada di Baitul Izzahlah Kalamullah yang asli,
Nabi Muhammad menerima wahyu[1]
yang pertama itu di gua hira’ yaitu Iqra’.
Al-Quran itu
bisa berupa Kalamullah dan juga wahyu yang diberikan oleh Allah kepada Nabi
Muhammad sebagai mukjizat yang meng I’jazkan kaum yang tidak mau beriman
kepadanya, Nabi itu seorang yang dipilih Allah SWT.
Tirunnya
Al-Quran secara utuh itu dari lauhul mahfud sampai baitul izzah, kemudian oleh
malaikat jibril diberikan kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsurdan juga
berdasarkan sebab-sebab tertentu yang dalam hal ini disebut Asbabun Nuzul.
Surat Keputusan
Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu Iqra’ itu pada tanggal 17 Ramadhan belum
ada tahunnya.
Orang beragama
itu ada kalanya dengan Akal[2],
Hati[3]
dan Rukun[4].
Maka imamuna Asy-Syafi’i mengatakan jadilah orang yang ahli Fiqh dan Shufi
(Ahli Tashowuf)jangan salah satunya supaya kita bisa mengerti ilmu yang
menjadikan sahnya ibadah Dhohir (Fiqh) dan juga ilmu yang menjadikan sahnya
ibadah batin (Tashawuf).
Ruang lingkup
Ulumul Quran itu meliputi enam hal, Yaitu :
1. An-Nuzul (النزول)
2. As-Sanad (السند)
3.Al-Qiro’ah (القرأة)
4. Al-Alfadh (الألفاظ)
5.Al-Ma’ani ( المعان)
adakalanya leterleg, tekstual, kontekstual,
hermenetika, antropologo, psikologi, historis Dsbg
6. At-Tafsir (التفسير)
Dr. Moh. Asror
Yusuf, M.Ag Kamis,
29-September-2016
Filsafat ilmu
itu merupakan sebuah alat seperti metodologi penelitian.
Kita diharuskan
belajar Filsafat Ilmu supaya mampu dan memahamiserta berfikir secara logis
untuk memecahkan masalah yang ada dibidangnya.
Konstruktivisme
ialah aliran dalam filsafat yang membahas tentang Manusia, Temanya ialah bahasa
dan budaya.
Belajar bahasa
dengan budaya(pendekatannya lewat budaya), sebab setiap daerah berbeda bahasa
bahkan diindonesia ini banyak sekali bahasa dengan bermacam-macam suku bangsa.
Epistimologi
dalam filsafat merupakan sebuah ilmu pengetahuan, dimana dalam hal ini
seseorang dikatakan memiliki pengetahuan, dia harus melihat, mengetahui juga
merasakan sesuatu itu, seperti orang yang mempunyai pengetahuan tentang Api
berarti dia harus melihat api, mengetahui secara indrawi dan merasakan dengan
indra api tersebut.
Epistimologi
atau signifikasi dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab.
Epistimologi itu
ada tiga macam dalam ilmu filsafat yaitu Epistimologi Burhani[5],
Bayani[6]
dan irfani[7].
Tokoh
epistimologi bayani yaitu Asy-yafi’i, Al Jahizdan Ibnu Wahb.
Kasus khomer
haram itu bisa diseleseikan oleh tiga epistimologi tersebut.
Tugas pertama
membaca ialah memberi makna.
Al-Istintaj
ialah menyimpulkan sebuah pengetahuan, sedangkan Al-Istiqro’ merupakan
pembuktian secara empirisme ( kenyataan yang ada)
Filsafat
Strukturalisme/Bahasa
Belajar filsafat
itu memberikan dampak kepada plara pelajar untuk berusaha memahami suatu
permasalahan kemudian menjelaskandan mencoba untuk menjelaskan kepada semua
orang secara sitematis, sehingga mudah sekali untuk diterima akal manusia.
Penelitian dalam
ruang lingkup Tesis itu untuk mengembangkan ilmu Pendidikan Bahasa Arab,baik
dalam segi Maharohnya atau Qowaidnya.
Sikap seorang
peneliti yang ilmiah itu adalah berpijak pada teori.
[1] Kadang kadang bisa melalui Ilham, Mimpi yang bagus serta secara
langsung
[2] Yaitu ahli Fiqh yang segala sesuatu itu dipandang berdasarkan ilmu
akal seperti Sholat Dzuhur itu bisa dilakukan mulai jam 12.00 sampai setengah
3, itu kalau orang fiqh sholat dzuhur tidak harus tepat waktu (Meremehkan).
[3] Yaitu Orang Shufi yang ahli dzikir yang tidak mengerti ilmu namun
mendahulukan Akhlaq contoh Sholat tepat waktu.
[4] Hanya melakukan yang wajib-wajib saja,seperti Sholat itu wajib namun
wiridan tidak wajib makadia hanya melakukan sholat saja karena wajib dan
diperintah namun untuk wiridan karena sunnah tidak perlu dilakukan.
[5] Mengetahui sesuatu yang didasarkan dengan akal atau rasio
[6] Mengetahui sesuatu didasarkan dengan teks yaitu Al-Quran dan Hadist
[7] Mengetahui sesuatu didasarkan dengan Ontologi atau kenyataan yang ada
Komentar
Posting Komentar