Bulan Muharram adalah bulan selamat dari cobaan

Bulan Muharram adalah bulan selamat dari cobaan
Madrasah Tsanawiyah Aliyah Al-Anwar Cangkringrandu Perak Jombang merupakan salah satu diantara sekian banyak Madrasah di Jombang yang mempunyai rutinitas kegiatan Muharram pada tanggal 10 Muharram. Pada tahun ini (2017 M/1435 H) peringatan 10 Muharram dengan tema “Menghidupkan Sunnah Asy-Syura” mendatangkan pembicara K. Ahmad Taqiyuddin,M.Hi dari Tambakberas, Beliau yang akrab disapa Gus Yuyud itu memberikan motivasi serta menjelaskan bulan Muharram pada siswa-siswi, diantaranya:
1. Tata krama diatas ilmu, Beliau melanjutkan bahwa Tata krama ibarat wadah sedangkan ilmu ibarat air, jadi air akan tenang dan indah jika diberi wadah yang sesuai.
2. Mengapa di bulan Muharram dianjurkan memperbanyak sedekah, karena sedekah itu dapat menolak Bencana.
3. Bermimpilah karena bermimpi itu gratis, bahwa cita-cita yang indah harus dimulai dari mimpi dulu, orang yang tidak pernah bermimpi akan kesulitan menerima takdir yang sudah ditentukan Allah.
4. Bukanlah disebut yatim, seseorang yang meninggal kedua orang tuanya, tetapi disebut Yatim apabila tidak mempunyai Ilmu dan Tata karma.     
5. Bahwa Bulan Muharram ialah Bulan selamat dari cobaan, Mengapa demikian ?. Beliau menjelaskan bahwa kenapa para Nabi itu derajatnya tinggi ? sebab para Nabi banyak mendapat cobaan. Diantaranya yang dicontohkan oleh beliau (baca: Gus Yuyud) ialah Nabi Adam dan Ibu Hawa diturunkan di Bumi  karena memakan buah kuldi, Nabi Nuh diberi cobaan ummatnya tidak patuh, Nabi Ibrahim dibakar oleh raja Namrud, Nabi Yusuf dibuang di sumur oleh saudaranya dan dipenjara, dan Nabi Yunus di telan Ikan Paus, Nabi Isa dikejar ummatnya hendak dibunuh. Semua cobaan itu diselamatkan Allah pada bulan Muharram, Nabi Adam dipertemukan dengan Ibu Hawa’ diJabal Rahmah, Nabi Nuh dan pengikutnya selamat dari banjir bandang, Nabi Ibrahim tidak mempan dibakar, Nabi Yusuf bertemu Nabi Ayub, Nabi Yunus keluar dari perut ikan Paus, Nabi Musa AS melewati laut merah dan diselamatkan dari firaun, Nabi ‘Isa diangkat ke surga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel dokument dan macam macamnya

Bilingualisme dan Dialogsia

Strategi Pembelajaran Mufrodat