Maulud Nabi Majid Al Abror cangkringrandu 2017

Sesungguhnya dalam memuji Rosul dan membaca Syamail (Sifat2 Mulya Nabi) ada Faidahnya?
Macem macem pujian Kepada Nabi Muhammad, termasuk dalam kitab Maulid diba', barzanji, Dhiyaul Laami', Simthut dhuror, Syaroful Anam, dll.
Keutamaan pertama memuji nabi
1. Memperkokoh Iman ayat Al Quran (Naqussu Alaika). iman sing paling kuat gih seneng Kanjeng Nabi, Diantara semua nabi dan rosul yang paling baik memperkokoh Iman kita adalah Mencintai Nabi, Dalam kitab Qomiut Thugyan sing Diulangi Pak Muhammad Mikho Aku isih ileng Syarat e Seneng Gusti Allah iku Seneng Alquran disek, mari ngunu seneng Kanjeng Nabi, senwng Sunnah e Nabi, Seneng akhirot, lan Bendu karo dunyo. (Tambahan dari Penyetatus).
2. Ada Nurnya Nabi (Hayyun Fi Qulubina), semakin kita pelajari Sejarahnya beliau semakin bercahaya Hati kita, Aku Sangat ingat ketika Dulu Di Ponpes Abu Dzarrin, setiap Kamis Malam Jumat Diadakan pembacaan Maulid Ad Dhiba' dan Maulid Al Barjanji (Aku gak tahu melok), Ternyata untuk Mmancarkan Cahaya di Hati kita (Lagek Sadar).
Manfaate ngelem nabi ada 5 Keutamaan dalam kitab Wasailul Wushul Fi samailil Rosul:
a. Litaqorrub Fihi (lebih dekat pada Nabi).
Imam Bushiri itu dulu sering memuji Pejabat dan Wong sugih akhire kecipratan Duwek, Temen Beliau Dicubo Kenek penyakit Falits (Saiki Strok), akhire ditekani kanjeng Nabi, didawuh i Iman tenan Pujianmu gawe pejabat sing gak manfaati ogak gawe aku karo penciptaku. Akhire Imam Bushiri dawuh Kanjeng nabi Doaken kulo, menawi kulo sembuh aku janji tidak akan memuji selain Penciptaku dan engkau, akhire imam Bushiri dikek i kelambi Lorek2 karo Rosul, banjur digawe ternyata isuk e Mari lorone.
Maqom Imam Bushiri tinggi gara gara Memuji Nabi Muhammad.
b. Memuji nabi Karena Menikmati (Littaladzud).
Jarno aku jarno aku aku lagi memuji kekasihku, Jangan Kau paidu karena cintaku.
Orang jatuh cinta itu tidak bisa disalahkan.
Majnun iku Ngambungi tembok, dilokno wong kon iku gendeng a ngambungi tembok,? Kau tidak tahu siapa yang ada didalam tembok.
Saking kangene karo Laila, Anjinge Laila iku digodak i karo majnun sampek enek wong sholat gak ketok mrilate Majnun akhire di terjang.
Memuji orang yang saya cintai aku merasa nikmat.
c. Limukafaatihi Shollallah (Balas budi), Karena kita bahagia atas jasa dia. orang yg tidak memuji nabi itu tidak punya perasaan.
Bersambung (Anggep ae sineteon).
No d dan e Akan diterangkan di episode selanjutya di Mushola Al Fattah Sambong santren Jombang (Ndalem K. H. M. Djamaluddin Ahmad).

Kamis 07 Desember 2017
Masjid Al Abror
Pembicara Habib Jamal Bin Toha Baagil Malang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel dokument dan macam macamnya

Bilingualisme dan Dialogsia

Strategi Pembelajaran Mufrodat