RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) Nama Madrasah : Madrasah Tsanawiyah Fattah Hasyim Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Kelas/Semester : XI / 1 Alokasi Waktu : 1 x 45 Menit (1 Kali Pertemuan) A. STANDAR KOMPETENSI 1. MENYIMAK / ISTIMA' Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها B. KOMPETENSI DASAR 1.1 Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana tentang “المدرسة والبيئة المحيطة بها” dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat. 1.2 Menambah mufrodat baru mengenai “المدرسة والبيئة المحيطة بها” 1.3 Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana dengan struktur kalimat dasar yang meliputi : fi’il, fa’il, maf,ul bihi, dan susunan idlofah. C. TUJUAN PEMBELAJARAN  Siswa dapat memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hal yang disukai  Karakter siswa yang diharapkan :  Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :  Percaya diri, Berorientasi tegas dan hasil. D. MATERI PEMBELAJARAN  Tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها  Kata Tanya:Maa dan Hal E. METODE PEMBELAJARAN  Permainan mufrodat : Metode ini digunakan untuk menambah mufrodat bagi siswa mengenai المدرسة والبيئة المحيطة بها  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk kerjasama guna menambah mufrodat tentang hobiy secara bersama-sama.  Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran  Tanya jawab : metode ini digunakan untuk mengkonfirmasikan kembali mengenai materi pembelajaran yang sudah didapatkan. F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek Life Skill Yang Dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi : G. Guru mengawali kegiatan dengan berdoa. H. Guru membagi siswa dengan beberapa kelompok I. Guru meminta siswa untuk menemukan arti dari kalimat tersebut dalam permainan J. Guru mengarahkan siswa kepada suatu makna mengenai suatu kalimat yang dimaksud dalam permainan  Kegiatan inti K. Siswa Melafalkan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah dibaca dan didengar dalam permainan (Eksplorasi) L. Siswa Menyebutkan kem-bali kosakata tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها (Elaborasi) M. Siswa merespon dan menjawab hal-hal yang berhubungan dengan “المدرسة والبيئة المحيطة بها " dalam permainan N. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi) O. Guru memberikan penguatan bahan materi dengan menambahkan mufrodat tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها P. Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan ” المدرسة والبيئة المحيطة بها” (Konfirmasi)  Kegiatan penutup. Q. Guru melaksanakan penilaian lisan R. Memberikan tugas pengayaan S. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a 10 70 10 Pemahaman Konsep Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab G. SUMBER PEMBELAJARAN 1. العربية للنّا شئين جوز الثاني 2. Buku pedoman Bahasa Arab MA 3. Kertas persegi sebanyak 20 berisikan mufrodat baru tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها 4. Buku bahasa Arab lainnya H. ASSESSMENT / PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen 1. Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab 2. Melafalkan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar 3. Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar 4. Menghafalkan kata-kata / kalimat yang sudah didengar Tes tulis dan lisan Tanya jawab Uraian Uraian 5. Buatlah kalimat pertanyaan dengan menggunakan suku kata Maa dan Hal ! Mengetahui Guru Pamong Miftahul Huda, MpdI Jombang , 22 Oktober 2014 Guru Praktek M. Ali Mashudi Kepala Madrasah H. ZAINAL ARIFIN, MA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel dokument dan macam macamnya

Bilingualisme dan Dialogsia

Strategi Pembelajaran Mufrodat