RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : Madrasah Tsanawiyah Fattah Hasyim
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 1 x 45 Menit (1 Kali Pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
1. MENYIMAK / ISTIMA'
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana tentang “المدرسة والبيئة المحيطة بها” dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Menambah mufrodat baru mengenai “المدرسة والبيئة المحيطة بها”
1.3 Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana dengan struktur kalimat dasar yang meliputi : fi’il, fa’il, maf,ul bihi, dan susunan idlofah.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hal yang disukai
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tegas dan hasil.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها
Kata Tanya:Maa dan Hal
E. METODE PEMBELAJARAN
Permainan mufrodat : Metode ini digunakan untuk menambah mufrodat bagi siswa mengenai المدرسة والبيئة المحيطة بها
Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk kerjasama guna menambah mufrodat tentang hobiy secara bersama-sama.
Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Tanya jawab : metode ini digunakan untuk mengkonfirmasikan kembali mengenai materi pembelajaran yang sudah didapatkan.
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Waktu Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan Nilai yang ditanamkan
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
G. Guru mengawali kegiatan dengan berdoa.
H. Guru membagi siswa dengan beberapa kelompok
I. Guru meminta siswa untuk menemukan arti dari kalimat tersebut dalam permainan
J. Guru mengarahkan siswa kepada suatu makna mengenai suatu kalimat yang dimaksud dalam permainan
Kegiatan inti
K. Siswa Melafalkan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah dibaca dan didengar dalam permainan (Eksplorasi)
L. Siswa Menyebutkan kem-bali kosakata tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها (Elaborasi)
M. Siswa merespon dan menjawab hal-hal yang berhubungan dengan “المدرسة والبيئة المحيطة بها " dalam permainan
N. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
O. Guru memberikan penguatan bahan materi dengan menambahkan mufrodat tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها
P. Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan ” المدرسة والبيئة المحيطة بها” (Konfirmasi)
Kegiatan penutup.
Q. Guru melaksanakan penilaian lisan
R. Memberikan tugas pengayaan
S. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a 10
70
10 Pemahaman Konsep
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
G. SUMBER PEMBELAJARAN
1. العربية للنّا شئين جوز الثاني
2. Buku pedoman Bahasa Arab MA
3. Kertas persegi sebanyak 20 berisikan mufrodat baru tentang المدرسة والبيئة المحيطة بها
4. Buku bahasa Arab lainnya
H. ASSESSMENT / PENILAIAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
1. Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
2. Melafalkan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
3. Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar
4. Menghafalkan kata-kata / kalimat yang sudah didengar Tes tulis dan lisan
Tanya jawab Uraian
Uraian 5. Buatlah kalimat pertanyaan dengan menggunakan suku kata Maa dan Hal !
Mengetahui
Guru Pamong
Miftahul Huda, MpdI Jombang , 22 Oktober 2014
Guru Praktek
M. Ali Mashudi
Kepala Madrasah
H. ZAINAL ARIFIN, MA
Komentar
Posting Komentar