RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) Nama Madrasah : Madrasah Mualimin Muallimat Mambaul Ma’arif Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Kelas/Semester : XI / 1 Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (2 Kali Pertemuan) A. STANDAR KOMPETENSI 1. MENYIMAK / ISTIMA' Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang التعرف B. KOMPETENSI DASAR 1.1 Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana tentang “التعرف” dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat. 1.2 Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana dengan struktur kalimat dasar yang meliputi : fi’il, fa’il, makna dari huruf yang berta’alluq-kan dengan suatu kata. C. TUJUAN PEMBELAJARAN  Siswa dapat memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hal yang disukai :  Karakter siswa yang diharapkan :  Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :  Percaya diri, Berorientasi tegas dan hasil. D. MATERI PEMBELAJARAN  Tentang التعرف  Meliputi التعريف بالنفس, حالة نفسه, اللقاء الأولى, حديقة البيت E. METODE PEMBELAJARAN  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk menambah mufrodat tentang التعرف.  Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran  Tanya jawab : metode ini digunakan untuk mengkonfirmasikan kembali mengenai materi pembelajaran yang sudah didapatkan. F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek Life Skill Yang Dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Guru mengawali kegiatan dengan berdoa.  Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai suatu bab yang akan dipelajari.  Guru meminta siswa untuk membaca teks bacaan di depan kelas.  Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.  Kegiatan inti  Siswa Melafalkan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah dibaca dan didengar (Eksplorasi)  Siswa Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang " التعرف. (Elaborasi)  Siswa Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang التعرف (Elaborasi)  Siswa Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan “hobiy"  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan bahan materi dengan menambahkan mufrodat tentang “التعرف”  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan ” التعرف (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a 10 70 10 Pemahaman Konsep Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab G. SUMBER PEMBELAJARAN  Buku pedoman bahasa arab MA  Kamus Populer  Buku bahasa Arab lainnya  Kamus al-munawir H. ASSESSMENT / PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab  Melafalkan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar  Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar Tes tulis dan lisan Tanya jawab Uraian Angka  Buatlah identitas diri anda secara lengkap ! Mengetahui Guru Pamong Miftahul Huda, MpdI Jombang , 12 September 2015 Guru Praktek M. Ali Mashudi Kepala Madrasah H. ZAINAL ARIFIN, MA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel dokument dan macam macamnya

Bilingualisme dan Dialogsia

Strategi Pembelajaran Mufrodat