RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : Madrasah Mualimin Muallimat Mambaul Ma’arif
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (2 Kali Pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
1. MENYIMAK / ISTIMA'
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang التعرف
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana tentang “التعرف” dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana dengan struktur kalimat dasar yang meliputi : fi’il, fa’il, makna dari huruf yang berta’alluq-kan dengan suatu kata.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hal yang disukai :
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tegas dan hasil.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Tentang التعرف
Meliputi التعريف بالنفس, حالة نفسه, اللقاء الأولى, حديقة البيت
E. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk menambah mufrodat tentang التعرف.
Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
Tanya jawab : metode ini digunakan untuk mengkonfirmasikan kembali mengenai materi pembelajaran yang sudah didapatkan.
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Waktu Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan Nilai yang ditanamkan
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Guru mengawali kegiatan dengan berdoa.
Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai suatu bab yang akan dipelajari.
Guru meminta siswa untuk membaca teks bacaan di depan kelas.
Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema yang dimaksud dalam teks bacaan.
Kegiatan inti
Siswa Melafalkan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah dibaca dan didengar (Eksplorasi)
Siswa Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang " التعرف. (Elaborasi)
Siswa Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang التعرف (Elaborasi)
Siswa Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan “hobiy"
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
Guru memberikan penguatan bahan materi dengan menambahkan mufrodat tentang “التعرف”
Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan ” التعرف (Konfirmasi)
Kegiatan penutup.
Guru melaksanakan penilaian lisan
Memberikan tugas pengayaan
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan do’a 10
70
10 Pemahaman Konsep
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
G. SUMBER PEMBELAJARAN
Buku pedoman bahasa arab MA
Kamus Populer
Buku bahasa Arab lainnya
Kamus al-munawir
H. ASSESSMENT / PENILAIAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
Melafalkan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar Tes tulis dan lisan
Tanya jawab Uraian
Angka Buatlah identitas diri anda secara lengkap !
Mengetahui
Guru Pamong
Miftahul Huda, MpdI Jombang , 12 September 2015
Guru Praktek
M. Ali Mashudi
Kepala Madrasah
H. ZAINAL ARIFIN, MA
Komentar
Posting Komentar