Hikmah Ke 1 (Al Hikam)

"Sebagian dari tanda-tandanya jika seseorang yang mengandalkan amalnya yaitu kurangnya pengharapan kepada Allah ketika ia melakukan kesalahan (Dosa), yang dimaksud amal disini adalah amal Lahiriah (Yang bisa dilihat oleh manusia yang lainnya), seperti Sholat, puasa, shodaqoh, dan amal-amal lain yang berbeda-beda. Golongan yang mengandalkan Amalnya itu ada dua,  yaitu : 1) Al Ubbad (Orang -  orang tersebut bertanya kepada. Allah tentang Ibadahnya, Mereka Mengandalkan Ibadahnya karena ingin masuk surga dan selamat dari soksa neraka. Golongan ke- 2) Para Murid (Mereka mengandalkan Amalnya untuk Wushul kepada Allah, dan terbukanya tabir-tabir yang menutupi hati dan Hasilnya sifat-sifat Bagus yang ada didalam Hati dan berbagai macam Mukasyafah dan macan-macam ilmu Rahasia (Yang tidak semua orang mengetahuinya). Mengapa tidak boleh mengandalkan amalnya?
Jawabannya ada dalam hadist Rosulullah SAW "لن يدخل احدكم الجنة عمله قالوا ولا انت يارسول الله؟ ولا. انا الا ان تغمدني برحمته.
Tidak ada seseorangpun yang masuk surga karena amalnya, Sahabat bertanya: apakah engkau juga begitu ya Rosul?
Rosul menjawab, saya juga, kecuali Allah Meliputi diriku dengan Rahmatnya. (H. R. Bukhori). Maka dari itu amal bukanlah Harga yang bisa memberi surga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel dokument dan macam macamnya

Bilingualisme dan Dialogsia

Strategi Pembelajaran Mufrodat