Fashion dari dulu sampai sekarang

Fasion Muslim dari dulu hingga sekarang
0leh: M. Ali Mashudi
Tradisi memakai pakaian islami merupakan kewajiban bagi seorang muslim di dunia, sebab itu merupakan anjuran dari Allah dan Rasulnya,sehingga semua orang muslim seharusnya memakai pakaian rapi, tertutup dan sopan. kita menengok sejarah,pada abad ke-7 orang islam sudah dikenalkan dengan pakaian-pakaian yang sopan dan etis, hl ini di buktikan oleh sempurnanya agama islam yang dibawa oleh Rasulullah dengan menaklukan semua orang yang menghalangi beliau dalam menyebarluaskan agama islam. tradisi berbusana muslim sudah mulai muncul pada zaman Rasulullah sampai sekarang, disekitar kita tidak jarang lagi orang muslim memakai pakaian yang sopan dalam semua hal,seperti Sholat, Mengaji, Keluar rumah sampai dirumahpun terkadang masih memakai pakaian taqwa bagilaki-laki dan Berjilbab bagi perempuan. memakai pakaian yang sopan, pada waktu sekrang ini banyak pilihan, ada yang ekstrem bagi perempuan harus memakai cadar, ada yang tidak harus memakai cadar (cukup memakai kerudung), ada yang tidak memakai kerudung (yang terpenting memakai baju kehormatan). Aku merupakan seorang mahasiswa yang juga menjadi santri di salah satu pesantren jombang, mengamati bahwasanya seseorang muslim itu selain luarnya kelihatan terhormat namun hatinya jugaharus mencerminkan perilaku ketaatan kepada penciptanya, Bagi muslim selain memakai fasion muslim dia juga harus melakukan penghambaan karena Khitob dari Tuhannya; seperti sholat lima waktu, Zakat, Puasa dan berbuat baik kepada sesama.
Sekarang ini lagi hebat-hebatnya musim melakukan sesuatu yang jauh dari nilai-nilai islam, seperti LGBT, Banyak tindak kekerasan, saling memfitnah, dan sebagainya, semua itu disebabkan kurangnya kemantapan hati dalammenjalankan takdirnya sebagai hamba, dan juga ketidak sabaran hati dalam menerima segala cobaan yang ada. Setiap manusia memiliki takdir yang berbeda-beda sesuai scenario tuhan yang maha esa, maka dari itu tugas kita sebagai muslim ialah mematuhi segala sesuatu yang ditakdirkan, dengan usaha, doa dan tawakal setiap harinya, misalnya kita diperintah usaha untuk tidak melakukan zina caranya dengan menutup diri kita dengan busana muslim, menutup semua aurot, serta menundukkan pandangan kita dari segala sesuatu yang diharamkan. Kemudian berdoa, dalam surat Al-Baqarah setiap umat muslim diperintah berdoa oleh Tuhannya dan akan di ijabah. Langkah yang terakhir ialah Tawakal atau pasrah terhadap takdirNya dengan menerima dan mensyukuri apa yang diberikan dan bersabar dengan segala musibah yang ada.
Memang mengikuti perkembangan fasion muslim pada waktu sekarang ini menjadi perbincangan yang sangat menarik, karena semua ingin menjadi muslim yang benar-benar muslim dengan memanfaatkan fasion muslim yang sesuai dengan ketentuan Syariat islam. Sesuai ketentuan agama islam, bahwa setiap orang muslimmemiliki kebebasan sendiri dalammenentukan jalan hidupnya, jika ingin selamat dari surga dan masuk neraka, maka maksiat dan durhaka kepada tuhannya merupakan jalan hidupnya, begitu juga sebaliknya jika manusia ingin masuk surge dan selamat dari neraka, maka taat kepada Allah dan Rasulnya merupakan jalannya. Fashion terus berkembang dan berganti seiring dengan bergantinya masa dan waktu. Sebagai negara dengan mayoritas masyarakat muslim yang paling besar di dunia, maka sudah tentu di Negara Indonesia ini trend fashion muslim banyak merajai pasaran terutama di tahun 2012-an. Dahulu pakaian muslim sama sekali tidak memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia. Pakaian muslim merupakan pakaian yang membuat sedikit terlalu menutupi dan membuat pemakainya semakin malas, terutama bagi wanita dilarang penggunaannya dan dianggap terlalu fanatik. Sehingga akhirnya dahulu tidak banyak wanita yang merasa percaya diri mengenakan jilbab atau yang saat ini lebih dikenal dengan hijab. Penggunaan hijab terkesan kuno dan hal itu membuat tidak ada gadis muda yang mau mengenakan jilbab. Namun itu semua adalah masa lalu. Jika Anda lihat di masa sekarang, maka Anda akan menemukan fakta bahwa di Indonesia trend fashion muslim itu sangatlah digandrungi, tidak lagi kuno, yang ada hanya kesan modis yang tersemat pada berbagai macam pakaian muslim dan muslimah. Bahkan seseorang yang memakai fasion muslim akan terkesan lebih dihormati dan di kagumioleh khalayak umum. Memang kini perkembangan fashion muslim di indonesia sangatlah cepat, sehingga akhirnya di masa yang akan datang Indonesia disebut-sebut akan menjadi kiblat fashion hijab di seluruh dunia. Untungnya Indonesia memiliki banyak talenta muda berbakat yang berdedikasi menyumbangkan ide segarnya dalam bidang fashion sehingga bisa menyulap pakaian muslim yang tadinya kuno menjadi sebuah pakaian yang modis dan trendi. Sehingga dengan demikian, bertambah banyaklah jumlah wanita yang mengenakan hijab di Indonesia. Bahkan sebagai dampak dari perkembangan fashion muslim di indonesiabermunculan juga komunitas Hijabers yang merupakan komunitas para wanita pengguna hijab trendi.
Karena banyak desainer dari Indonesia yang memperkenalkan hijab hingga ke seluruh dunia maka dari itu bahkan masyarakat di belahan negara lain yang non muslim pun kini ikut tertarik dengan jenis pakaian muslimah yang begitu modis. Berbagai macam jenis pakaian muslimah bermunculan disesuaikan dengan selera pasar dan kemampuan masing-masing desainer untuk menciptakan sebuah pakaian muslimah yang menarik. Hijab yang merupakan inti dari pakaian muslimah itu dibuat dengan fleksibel sehingga bisa memungkinkan wanita mengenakan hijab dengan berbagai model sehingga bentuk hijab menjadi sangat manis dan tidak monoton. Dengan adanya hijab yang demikian maka memberikan peluang bagi wanita muslimah untuk tampil lebih kreatif dengan cara menggunakan hijabnya yang sesuai dengan keinginannya namun tetap mengindahkan aturan agama Islam dalam berpakaian. Begitu pula dengan model pakaian yang ada untuk para muslimah, dibuat begitu kreatifnya oleh para desainer tersebut mulai dari yang kasual sampai yang formal. Dengan begitu banyak pilihan pakaian muslimah yang bisa digunakan dalam keseharian. Sedikit berbeda dengan pakaian muslimah, bagi pakaian muslim memang tidak begitu banyak timbul variasi yang mencolok. Mengingat sifat lelaki yang lebih suka dengan gaya yang sederhana tanpa ribet maka dari itu tidak banyak pakaian muslim yang dimodifikasi dengan berlebihan. Namun begitu kini pakaian muslim lelaki juga tetap menjadi sorotan sehingga bagi Anda para lelaki yang ingin mendapatkan pakaian muslim trendi, berkualitas dengan harga terjangkau yang modelnya pun sesuai dengan selera Anda. Maka dengan adanya fasion muslim yang semakin hari membuat umat muslim merasa lebih estetis dan bangga mengkonsumsinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Travel dokument dan macam macamnya

Bilingualisme dan Dialogsia

Strategi Pembelajaran Mufrodat